IKLIM KOTA TOMOHON

CURAH HUJAN

Gambaran kondisi curah hujan rata-rata bulanan selama tahun 1993-2004 diamati oleh Stasiun Geofisika Tondano, memperlihatkan curah hujan maksimum pertama terjadi pada bulan April dan maksimum kedua terjadi pada bulan Nopember sebesar 245 mm. Sedangkan curah hujan terendah terjadi pada bulan Agustus sebesar 98 mm. Berdasarkan peta iklim Oldeman tipe iklim untuk lokasi Tomohon dan sekitarnya termasuk tipe iklim D1.

SUHU UDARA

Suhu udara rata-rata bulanan dari bulan ke bulan sepanjang tahun relatif kecil variasinya. Suhu rata-rata bulanan mencapai maksimum sekitar bulan Juli dan suhu rata-rata bulanan terendah sekitar bulan Januari. Suhu rata-rata hanya berfluktuasi antara 22.02oC pada bulan Januari sampai 22.8oC.

KELEMBABAN UDARA

Pola kelembaban udara Tomohon dari bulan ke bulan cukup tinggi walaupun pada musim kemarau. Kelembaban udara pada Bulan Juli, Agustus dan September lebih besar dari 80%, dengan demikian berarti pada bulan-bulan tersebut kadar uap air di udara cukup tinggi.

KECEPATAN DAN ARAH ANGIN

Kondisi kecepatan dan arah angin disajikan dalam bentuk mawar angin yang melukiskan distribusi frekuensi arah dan kecepatan angin (%). Distribusi frekuensi arah dan kecepatan angin pada Bulan Desember dan Januari sebagian besar berhembus angin barat dengan kecepatan dari 2 km/jam hingga lebih besar dari 11 km/jam yang memiliki kisaran 2%-33% dan sebagian lagi angin Utara dengan kisaran 2%-37%. Pada Bulan Februari, Maret dan April didominasi oleh angin Utara dengan kisaran 2%-37%, sedangkan Bulan Mei sampai dengan Oktober didominasi oleh angin selatan dengan kisaran sebesar 2%-50%. Pada bulan Juni, Juli dan Agustus berhembus angin selatan dengan kecepatan cukup kencang. Bulan Nopember berhembus angin barat juga cukup kencang dan sebagian angin selatan dan utara. Kecepatan angin rata-rata berkisar antara 0.5 Km/Jam sampai dengan 36 Km/Jam.